Kandungan Minuman Energi (2)

Melanjutkan sebelumnya..

2. Aspartam

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Aspartam

Dalam minuman energi, aspartam digunakan sebagai pemanis pengganti gula, sehingga bisa dikonsumsi penderita diabetes maupun orang yang berdiet rendah kalori.

Aspartam merupakan pemanis sintetis non-karbohidrat, aspartyl-phenylalanine-1-methyl ester, atau merupakan bentuk metil ester dari dipeptida dua asam amino yaitu asam amino asam aspartat dan asam amino essensial fenilalanin.

Aspartam merupakan dipeptida yang dibuat dari hasil penggabungan asam aspartat dan fenilalanin. Fenilalanin merupakan senyawa yang berfungsi sebagai penghantar atau penyampai pesan pada sistem saraf otak.

Dalam keadaan normal, fenilalanin diubah menjadi tirosin dan dibuang dari tubuh. Gangguan dalam proses ini (penyakitnya disebut fenilketonuria atau fenilalaninemia atau fenilpiruvat oligofrenia, disingkat PKU). Fenilketonuria adalah penyakit di mana penderita tidak dapat memetabolisme fenilalanin secara baik karena tubuh tidak mempunyai enzim pengolah asam amino fenilalanin menjadi tirosin sehingga menyebabkan fenilalanin tertimbun dalam darah. Kadar fenilalanin yang tinggi di dalam darah berbahaya bagi tubuh karena dapat meracuni otak serta menyebabkan keterbelakangan mental.

Penyakit ketidakmampuan tubuh mengolah fenilalanin ini diturunkan secara Genetik. Penyakit ini tidak pernah ditemukan di Indonesia, tetapi pada orang kulit putih, itupun kejadiannya hanya satu per 15.000 orang.

Asam aspartat dan fenilalanin secara alamiah terkandung dalam berbagai makanan berprotein seperti daging, biji-bijian dan juga produk-produk susu. Namun aspartam dapat dibuat secara sintetis di laboratorium.

Penderita fenilketonuria perlu mengontrol asupan fenilalanin yang didapatnya. Bukan hanya aspartam, tapi juga segala macam makanan yang mengandung fenilalanin termasuk nasi, daging dan produk susu. Karena itu, pada setiap produk yang mengandung aspartam ada tanda peringatan untuk penderita
fenilketonuria bahwa produk yang dikonsumsi tersebut mengandung fenilalanin.

3. Kafein

(to be continued)

No comments: