Pasang Kawat Gigi (3)

Akhirnya setelah melewati penderitaan dicabut 4 gigi dan ditambal sekian gigi --hmmm gak nyangka setelah di bor, titik hitam kecil di gigi bisa jadi lubang dengan ukuran 2-3 kali lipat--, dipasanglah kawat gigi yang sudah lama kuinginkan. Harusnya sih dari 2 tahun lalu sejak aku mulai kerja, entah kenapa ya baru sekarang kepikiran masang.

Kawat gigi memiliki 4 bagian yaitu:

  1. Cincin gigi yang akan dijadikan tumpuan untuk mengaitkan kawat gigi. Cincin direkatkan dengan lem ke geraham bagian belakang. Karena susunan gerahamku yang masih kacau, akhirnya cincin ini dipasang di geraham ke-3 dari belakang. Jadi total 4 cincin, kanan-atas, kiri-atas, kanan bawah dan kiri-bawah.

  2. Pagar gigi, duh ini istilahku sendiri --apa ya istilah kedokterannya?-- berbentuk persegi ukuran +/- 5mm x 5mm dengan kaitan di 4 sudutnya. Pagar ini direkatkan dengan lem tepat di bagian tengah mahkota gigi (bagian gigi yang terlihat dari luar, alias tdk dihitung bagian gigi yang tertanam di dalam gusi). So, pagar ini dipasang disepanjang gigi selain gigi yang sudah dipasang cincin tadi.

    Kalo dalam kasusku jadi formasinya begini:
    cincin - pagar - blank_krn_gigi_dicabut - pagar - pagar - pagar - pagar - pagar - pagar - blank_krn_gigi_dicabut - pagar - cincin

    Ohya nantinya karet penegang (lihat point no.4) dikaitkan pada sudut-sudut pengait pagar gigi ini.

  3. Kawat gigi ini ya berupa kawat, tipis dan memanjang, nantinya dibentuk setengah lingkaran mengelilingi gigi bagian luar, dimana masing-masing ujungnya dikaitkan ke cincin tadi. Kawat ini melalui bagian tengah dari pagar-pagar di atas. Aku pasang kawat 2 bagian yaitu atas dan bawah. Ohya, kawat ini ada beberapa macam, utk awal digunakan kawat yang paling tipis dan lentur. Nanti secara bertahap kawat akan diganti ke kawat yang lebih tebal dan kaku.

  4. Karet penegang digunakan untuk membuat kawat gigi tadi menegang sehingga gigi-berpagar tadi bisa ditarik dan dibentuk sesuai lengkungan kawat. Karet ini berupa cincin dari plastik yang bisa dikaitkan pada pagar gigi --hasilnya nanti karet membentuk persegi juga mengikuti bentuk sudut-sudut pagar gigi--. Karet ini macam-macam warnanya, ada yang bening, biru, merah, dll. Aku prefer pake bening dulu, soalnya kalo berwarna bikin orang langsung notice ama gigiku yang masih berantakan. Nanti deh kalo udah gak berantakan aku baru berani pake warna yg rame. Hehehe..

    PS: Sebenernya kalo mau bayar lebih mahal bisa dapat yg 1 set kawat gigi yg ceramics. version. Semuanya bening, so people won't notice ur toothbraces..
Setelah selesai dipasang 1 set kawat gigi ini, berasa banget gigiku langsung tegang dan ditarik mengikuti lengkungan kawat gigi. Dr Nin udah kasih warning kalo awal-awal pasang kawat gigi, aku bakalan susah makan makanan yg keras-keras.. bahkan untuk seminggu awal kayaknya hanya bubur/cereal yg bisa dimakan..

Ohya setelah pasang kawat ini, nantinya setiap 2 minggu sekali aku harus kontrol gigi utk ganti karet gigi yg telah mengendur. Aku juga dapet sikat gigi khusus, mirip sikat gigi biasa tapi bagian tengahnya mencekung agar tidak merusak pagar dan karet gigi pada bagian tengah gigi, dan sikat lainnya --mirip pembersih kloset dalam bentuk mini tapi-- yg dipake utk membersihkan kotoran di sela-sela gigi dan kawat.

14 comments:

Anonymous said...

Hii..
ada Betty lafea nih..
brapa lama giginya dipasang pager kawat?
Semoga cepet sehat giginya ya...

Anonymous said...

Hai Kintan....nice name...
Wah informasi yang di sharingnya bagus banget
Aku juga sedang dalam masa persiapan pemasangan kawat gigi, baru sampe tahap tambal dan bersihin kawat gigi,
Infonya asik juga nih, aku jadi tahu banyak persiapan selanjutnya..menegangkan juga nih, serem apalagi denger orang dicabut gigi sakit dan kemudian bermasalah panjang

Kliniknya oke juga bisa kasih harga murah...atau karena itu tahun 2005 yah..sekarang aku baru mau pasang (2008) harganya udah nyampe 9 juta untuk kawat gigi yang paling standard.

BTW, thks buat infonya..ada saran gak buat aku..hari ini aku pasang kawatnya nihm minggu depan baru pencabutan gigi..serem....

Kintan said...

Hai Layla, salam kenal juga...
Aku dulu cabut gigi baru pasang kawat.
Kalo pasang kawat dulu baru cabut gigi, apa ga sulit ya dokternya nyabut gigi Layla? Hope lancar aza prosesnya yah..

Anonymous said...

wahh..tq banget tulisannya walau uda alma bgt ditulis tapi tetep berguna kok.. ^^

aku juga pgn pasg kawat nih..
sekali itu uda kontrol juga ma dokternya dan karena rahang aku kecil trus ga bisa menapung semua gigi aku (gigi graham aku belum tumbuh)
jadi aku dianjurin untuk membuang gigi graham akku yg belum tumbuh itu dengan jln operasi..
sakit bgt abis dioperasinya..berdenyut gtu rasanya..
tinggal nunggu psg kwat aja de nih..

Anonymous said...

Wa..ngeri jg stlh baca pnglmn anda..

proses dr awal smpe pmsangan makan waktu brapa lama?

brapa t0tal biaya yg dKluarin dr awal smpe akhr pmakaian kawat?
Thx..

Unknown said...

hai, aku liza...mau share juga nech..
tahun ini tahun ke-3 aku pake kawat gigi....duwh,,sebenernya sech udah bosen..tapi gigi ku masih blom rapih karna jarang kontrol(aga2 sebel sama dokternya)
saran aku sech, lebih baik dicabut dulu(perawatan terlebih dahulu) baru kita pasang kawat gigi...
karna untuk kasus ku, pasang kawat gigi terlebih dahulu baru perawatan...
bisa siii...tapi gigi ku malah tambah berantakan khususnya untuk gigi bawah(padahal semula nya rapih karna sebenarnya yang bermasalah gigi atas ku saja, tapi berhubung aku punya maag aku disarankan untuk pasang atas bawah agar aku bisa mengunyah makanan dengan baik tapi kenyataannya malah sama aja)jadi saran ku lagi, kalo mau pasang kawat gigi lebih baik pasang yang untuk bagian yang ingin kita rapihkan saja...kalo gigi atas saja yang berantakan yach pasang kawat gigi nya bagian atas saja...
aku aja nyesel nya bukan maen...
dan baru kemaren aku kontrol lagi dan minta untuk awal taun depan dilepas, setelah aku ngomong begitu dokter gigi nya baru serius dengan kondisi gigi ku, yang semula nya kalo aku tanya kapan bisa di lepas, dia selalu ngulur2 waktu dan ada aja alesannya...
hhhmmm....aku serasa dijebak... karna udah ngeluarin uang banyak tapi malah jadi berantakan...tapi mudah2an awal taun depan bisa balik rapih lagi seperti awalnya

Anonymous said...

Haiii..salam kenalll..
kenalin..lydiaa disiniii...
iseng2 browzing cari2 tentang manfaat gigi orto, nyasar ke blog ini dehh...
aq juga nii baru pasang... belum seminggu...linu nya minta ampun..huhuhu... kmrn cabut 3 gigi tersiksa sekalii... untung gak 4 kayak km..hahaha..

Kintan said...

Hallo mydeEdEe, salam kenal..
aku reply komenmu di bagian ke-4 artikel ini ya..

Thanks utk komennya.

Kintan said...

hai lidya.. salam kenal juga..
selamat berjuang untuk gigi yang indah dan rapi yah..

thanks dah mampir ke blogku ini :)

Anonymous said...

hai salam kenal kintan,
q jg baru 3 hari pke kawat gigi. rasanya ribet bgt. kasus kamu mirip punyaku. hanya bedanya gigiku ga ada yg dibor n tambal. kira2 berapa bulan bekas cabutan gigiku dpt rapat kembali ya? cz repot setiap makan masuk terus ke situ. takutnya malah jd sakit kaya gigi berlubang..

Kintan said...

salam kenal juga tuk davia
lamanya gigi bs rapat tergantung kondisi gigi masing-masing orang dan juga ketekunan dalam melakukan kontrol. dalam kasusku sih 6 bulan awal gigi belum ditarik tapi bergerak menyesuaikan/mengikuti lengkungan kawat, baru sesudah itu gigi ditarik merapat menggunakan karet tambahan

Anonymous said...

ada ga kawat gigi yg tidak kelihatan maksudx yg dipasang yg dibelakang aja

Kintan said...

ada, tapi biasanya dipakai utk tahap akhir perawatan, utk mempertahankan bentuk lengkung gigi / kerapihan gigi.

Anonymous said...

uys, gw cuma mau sharing, kemarin gw search di internet tentang pasang kawat gigi secara gigi gw acak2an. terus gw ketemu link ini: http://rumahgigimuncang.blogspot.com/

gw datangin kliniknya ternyata dokternya bilang gw harus pasang bracket yg atas-bawah, berhubung emang udah niat banget, gw coba deh dengan mengeluarkan kocek Rp. 6 juta (gw pikir2 ini harga yg paling reasonable buat saku gw sekarang). ternyata baru satu minggu pasang, udah ada perubahan sedikit. mudah2 aja bulan ini udah ada perubahan yg signifikan. Doakan ya.... (tp awalnya sedikit aneh gt deh pake kawat gigi secara gw cowok gt loh..).

Kenapa seh kawat gigi hanya popular dikalangan cewek aja... padahal kan manfaatnya bukan hanya buat cewek doang?
Bagaimana ya mensosialisasi kawat gigi buat cowok juga.

Thanks for your answer